wibiya widget

rss

Materi dan Perubahannya [KIMIA SMK]


Partikel Zat

Materi adalah segala sesuatu yang mempunyai massa dan menempati ruang (volume). Beberapa contoh materi adalah besi, air, bensin, udara, semen, sabun, dsb.
sifat-sifat materi adalah sebagai berikut:
  1. Sifat Fisika; merupakan sifat materi yang dapat diamati secara langsung oleh pancaindra. Sifat-sifat tersebut antara lain: bau, rasa, kemagnetan, indeks bias, massa jenis, titik didih, titik leleh.
  2. Sifat Kimia; merupakan sifat materi yang dapat diamati apabila mater tersebut telah mengalami perubahan (reaksi). Misal: beracun, berkarat, mudah terbakar, menghasilkan gelembung gas, mengendap, dan membusuk.
  3. Sifat Ektensif; merupakan sifat materi yang dipengaruhi oleh jumlah zat, antara lain, massa, volume, panjang, dan kandungan panas.
  4. Sifat intensif; merupakan sifat materi yang tidak dipengaruhi oleh jumlah zat, antara lain: warna, rasa, bau, massa jenis, titik didih, titik lebur, dan daya hantar listrik.

materi lengkap bahan ajar materi dan perubahannya berupa file .ppt dapat di download DISINI
 
 

Komentar

Tag

Bahan Ajar (42) Biologi (33) Fisika (20) Guru (30) IPA (44) Kesehatan (11) Kimia (25) Kuliah (26) Media (3) Pembelajaran (56) Pendidikan (58) Penelitian (13) PLH (1)

Follower

Histats

Most Wanted