wibiya widget

rss

Hubungan Antara Narsis dengan Facebook

Logo Facebook
 
Dalam ilmu psikologi, mereka yang memiliki kepribadian narsistik merupakan orang yang jauh lebih mencintai dirinya daripada orang lain. Akibat yang yang ditibulkan mereka merasa kesulitan berempati kepada orang lain.
Menurut ahli Yng berasal dari American Psychiatric Association, pada umumnya orang narsistik juga memiliki gangguan kepribadian lainnya, seperti histrionic personality disorder yang sangat ekspresif dalam menunjukkan emosinya. Sungguh mengerikan bila bergaul dengan orang seperti ini, dalam keadaan marah tentunya.
Orang-orang awam kadang-kadang sulit mengenali ciri-ciri seseorang yang narsistik, namun sebuah penelitian dari University Georgia, Amerika menyebutkan bahwa tampilan profil di situs jejaring sosial Facebook bisa mengungkap kepribadian narsis seseorang. Dalam studi tersebut melibatkan 130 pengguna Facebook ditemukan jumlah teman dan postingan dinding (wall post) berkaitan erat dengan tingkat narsis seseorang. Orang yang narsis pada umumnya memiliki jumlah teman yang banyak namun sebenarnya tidak punya hubungan (baca: mengenal) dengan orang-orang tersebut.
Sedangkan dalam kehidupan nyata narsistik  juga demikian dalam jurnal Personality and Social Psychology Bulletin, mereka punya banyak teman tapi tidak ada yang dekat secara personal. Bagi mereka yang benar adalah kuantitas bukan kualitas.
Situs jejaring sosial Facebook juga dipakai sebagai sarana untuk mempromosikan diri orang yang narsis. Karena itu mereka suka memasang foto profil yang menarik dan berbeda untuk membuat orang lain terpesona.
Menurut peneliti W.Keith Campbell Dari penampilannya orang narsistik ini mungkin terlihat sebagai orang yang menarik hati, namun sebenarnya mereka merasa diri lebih hebat. Mereka juga suka memanfaatkan orang lain demi keuntungannya dirinya sendiri, dan dalam jangka waktu yang panjang mereka akan melukai orang lain bahkan dirinya sendiri. Meski demikian masih menurut Campbell bukan berarti penggemar Facebook adalah orang yang narsis. Orang yang narsis menggunakan Facebook hanya untuk mempromosikan dirinya seperti mereka menggunakan relasi sosial lainnya.









Disarikan dari Kompas
 

Komentar

Tag

Bahan Ajar (42) Biologi (33) Fisika (20) Guru (30) IPA (44) Kesehatan (11) Kimia (25) Kuliah (26) Media (3) Pembelajaran (56) Pendidikan (58) Penelitian (13) PLH (1)

Follower

Histats

Most Wanted