wibiya widget

rss

INSULIN


Pengertian Insulin
Insulin adalah hormon dari jenis protein yang tersusun dari 51 asam amino. Urutan asam amino menentukan fungsi protein. Untuk itu pembacaan urutan asam amino protein sangat penting dalam mempelajarinya. Karena ada 20 jenis asam amino dalam alam, jadi ada 2051 atau 2,2 x 1066 kemungkinan sekuen untuk protein sekecil insulin.
 Frederick Sanger dari Medical Research Council (MRC) dari Inggris adalah orang pertama yang berhasil membaca sekuen protein menggunakan insulin. Cara yang dikembangkan Sanger yaitu dengan menandai asam amino yang berada di ujung awal sekuen protein dengan menggunakan senyawa kimia tertentu, lalu memisahkan asam amino itu dengan larutan asam. Hal ini dilakukan berulang kali sampai semua asam amino itu dapat diuraikan. Kemudian masing-masing komponen itu ditentukan jenisnya dengan teknik kromatografi kertas. Karena insulin memiliki 6 buah asam amino Cysteine yang membentuk 3 jembatan disulfida, maka tingkat kerumitannya menjadi lebih tinggi sebab ada puluhan kemungkinan pasangan Cysteine yang membentuk jembatan disulfida itu. Saat ini pembacaan sekuen asam amino protein sudah menjadi aktivitas rutin (F. Sanger and E. O. Thompson, 1953).
Fungsi suatu protein selain ditentukan oleh urutan asam aminonya juga dipengaruhi oleh struktur 3 dimensinya (3D). Sehingga, urutan asam amino yang membentuk rantai polipeptida ini harus melalui tahapan melipat (folding). Penentuan struktur 3D protein memberikan gambaran detil bagaimana protein itu bekerja. Insulin merupakan salah satu protein yang struktur 3D dijelaskan pertama kali. Menggunakan teknik kristalografi sinar X, peneliti perempuan dari Universitas Oxford, Inggris, Dorothy Hodgkin mendapat Hadiah Nobel Kimia 1964 atas jasanya menjelaskan struktur senyawa biokimia penting seperti vitamin. antibiotik dan hormon insulin (Lubert Stryer, 1988).




 

Tag

Bahan Ajar (42) Biologi (30) Fisika (18) Guru (29) IPA (41) Kesehatan (12) Kimia (23) Kuliah (24) Media (3) Pembelajaran (56) Pendidikan (55) Penelitian (11) PLH (1)

Follower

Histats

Most Wanted