wibiya widget

rss

PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH)

MATA KULIAH                     : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH)
DOSEN PENGAMPU           : Rizhal Hendi Ristanto, M.Pd
SEMESTER                           : III
BOBOT MATA KULIAH      : 2 SKS



DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini membahas tentang hubungan keterkaitan antara faktor penduduk (manusia) dengan faktor lingkungan hidup yang diwujudkan dalam bahasan (topik) yang nyata dalam kehidupan sehari-hari, yakni kehidupan manusia dalam hubungannya dengan energi dan sumber daya alam, air, udara, dan lahan.
Pengembangan berikutnya pada bahasan kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh perilaku manusia, apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia sebagai pertanggungjawaban terhadap hidup berkelanjutan (suistainability life) dan kelestarian alam dalam bahasan etika lingkungan, dalam bentuk penerapan sederhana ekofisiensi dan pembangunan berkelanjutan.
Sebagai puncak pengembangan adalah bahasan  tentang permasalahan yang dihadapi bangsa indonesia dalam interaksinya dengan lingkungan regional dan global, kemudian diakhir tatap muka dibahas sedikit tentang penerapan pembelajaran PLH dilingkungan sekolah, khususnya SD. Berbagai macam teknik, metode, strategi pembelajaran PLH di lingkungan sekolah akan dibahas lebih mendalam.

MATERI PERKULIAHAN:
1.    Perkenalan mata kuliah dan kontrak belajar
2.    Perkembangan dan konsep dasar pendidikan lingkungan hidup
3.    Ekosistem dan aliran energi
4.    Lingkungan air
5.    Lingkungan tanah
6.    Lingkungan udara
7.    Praktikum
8.    Penduduk dan SDA
9.    Etika lingkungan
10.    Ekofisiensi
11.    Materi PLH di SD
12.    Strategi, metode, teknik dan evaluasi pembelajaran PLH di SD
13.    Pameran

 

Komentar

Tag

Bahan Ajar (42) Biologi (33) Fisika (20) Guru (30) IPA (44) Kesehatan (11) Kimia (25) Kuliah (26) Media (3) Pembelajaran (56) Pendidikan (58) Penelitian (13) PLH (1)

Follower

Histats

Most Wanted