wibiya widget

rss

PENGERTIAN, PERKEMBANGAN DAN KONSEP DASAR PLH




PENGERTIAN LINGKUNGAN DAN LINGKUNGAN HIDUP
Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar kita, hidup dan kehidupan manusia tidak pernah terlepas dari pengaruh lingkungan.
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1997 pasal 1 ayat 1 mengartikan Lingkungan Hidup sebagai berikut:
Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan ke semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.
   
Sejarah Pendidikan Lingkungan Hidup
1.    INTERNATIONAL

  1. Pada tahun 1975, sebuah lokakarya internasional tentang pendidikan lingkungan hidup diadakan di Beograd, Jugoslavia.
  2. dihasilkan pernyataan antar negara peserta mengenai pendidikan lingkungan hidup yang dikenal sebagai "The Belgrade Charter a Global Framework for Environmental Education".
  3. Secara ringkas tujuan pendidikan lingkungan hidup yang dirumuskan dalam Belgrade Charter tersebut di atas adalah sbb:
  • Meningkatkan kesadaran dan perhatian terhadap keterkaitan bidang ekonomi, sosial, politik serta ekologi, baik di daerah perkotaan maupun pedesaan.
  • Memberi kesempatan bagi setiap orang untuk mendapatkan pengetahuan, keterampilan, sikap/perilaku, motivasi dan komitmen, yang diperlukan untuk bekerja secara individu dan kolektif untuk menyelesaikan masalah lingkungan saat ini dan mencegah munculnya masalah baru.
  • Menciptakan satu kesatuan pola tingkah laku baru bagi individu, kelompokkelompok dan masyarakat terhadap lingkungan hidup.
2.    ASEAN

  • Sejak dikeluarkannya ASEAN Environmental Education Action Plan 2000-2005, masing-masing negara anggota ASEAN perlu memiliki kerangka kerja untuk pengembangan dan pelaksanaan pendidikan lingkungan.
  • Merupakan tonggak sejarah yang penting dalam upaya kerja sama regional antar sesama negara anggota ASEAN dalam turut meningkatkan pelaksanaan pendidikan lingkungan di masing-masing negara anggota ASEAN.
3.    INDONESIA

  • Dimulai pada tahun 1975oleh IKIP Jakarta untuk pertama kalinya merintis pengembangan pendidikan lingkungan dengan menyusun Garis-garis Besar Program Pengajaran Pendidikan Lingkungan Hidup yang diujicobakan di 15 Sekolah Dasar Jakarta pada periode tahun 1977/1978.
  • Pada tahun 1979 dibentuk dan berkembang Pusat Studi Lingkungan (PSL) di berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta.
  • Prakarsa pengembangan pendidikan lingkungan juga dilakukan oleh berbagai LSM.
  • Pada tahun 1996/1997 terbentuk Jaringan Pendidikan Lingkungan (JPL) antara LSM-LSM yang berminat dan menaruh perhatian terhadap pendidikan lingkungan.
Pengertian PLH

  • Pendidikan adalah Usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana blajar, agar siswa aktif mengembangkan seluruh potensinya, untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, yang diperlukan bagi dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.
  • Lingkungan Hidup adalah kesatuan ruang dengan ke semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.

Visi dan Misi PLH
 

Visi    :
Terwujudnya manusia Indonesia yang memiliki pengetahuan, kesadaran dan keterampilan untuk berperan aktif dalam melestarikan lingkungan
 

Misi    :

  • Mengembangkan kebijakan pendidikan nasional yang berparadigma lingkungan
  • Mengembangkan. kapasistas kelembagaan PLH di pusat dan daerah
  • Meningkatkan akses  informasi PLH secara merata.
  • Meningkatkan sinergi antar pelaku PLH

Tujuan PLH


  • Bersikap
  • Berpengetahuan
  • Berketerampilan
  • Kesadaran
  • Berkomitmen
  • Kepeduliaan
  • Bertanggung jawab
Alasan diadakan Pendidikan Lingkungan Hidup:

  1. Alam sebagai sumber kehidupan manusia
  2. Alam sebagai objek eksploitasi manusia

 
 

Tag

Bahan Ajar (42) Biologi (30) Fisika (18) Guru (29) IPA (41) Kesehatan (12) Kimia (23) Kuliah (24) Media (3) Pembelajaran (56) Pendidikan (55) Penelitian (11) PLH (1)

Follower

Histats

Most Wanted