wibiya widget

rss

KONSEP DAN PRINSIP BELAJAR DAN PEMBELAJARAN


Hakikat mengajar adalah membelajarkan siswa, dala arti mendorong dan membimbing siswa belajar.

KONSEP BELAJAR
Menurut Gangne (1985) bahwa belajar adalah suatu proses di mana suatu organisme berubah perilakunya sebagai akibat pengalaman. Terdapat tiga atribut belajar yaitu: proses, perubahan perilaku, dan pengalaman.

Proses
Belajar adalah proses mental dan emosional atau proses berfikir dan merasakan. Seseorang dikatakan belajar bila pikiran dan perasaannya aktif.

Perubahan perilaku
Seseorang yang belajar akan berubah atau bertambah perilakunya, baik yang berupa pengetahuan, keterampilan, atau penguasaan nilai-nilai (sikap). Perubahan perilaku sebagai hasil belajar ialah perubahan yang dihasilkan dari pengalaman (interaksi dengan lingkungan), tempat proses mental dan emosional terjadi. Perubahan perilaku sebagai hasil belajar dikelompokkan 3 ranah: Kognitif, afektif dan psikomotor.

 Pengalaman
Belajar adalah mengalami, dalam arti belajar belajar belajar terjadi di dalam interaksi antara individu dengan lingkungan, baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosial. Lingkungan belajar yang baik adalah lingkungan yang memicu dan menantang siswa belajar.

Implikasi konsep belajar terhadap pembelajaran adalah sebagai berikut:
  • Pada prinsipnya, strategi pembelajaran digunakan guru untuk mengaktifkan siswa belajar (mental dan emosional)
  • Perubahan perilaku siswa sebagai hasil belajar harus dirumuskan secara jelas dalam rumusan kompetensi yang mengandung tujuan pembelajaran atau indikator (pengetahuan, keterampilan, dan sikap)
  • Guru hars menyiapkan lingkungan belajar yang memicu dan menantang siswa belajar. Lingkungan yang memungkingkan siswa belajar dengan melalui pengalaman langsung atau pengamatan langsung hasilnya kan lebih baik daripada belajar dengan melalui pengalaman tidak langsung.


PRINSIP BELAJAR
Prinsip belajar merupakan ketentuan atau hukum yang harus dijadikan pegangan di dalam pelaksanaan kegiatan belajar. Sebagai suatu hukum, prinsip belajar akan sangat menentukan proses dan hasil belajar.

Motivasi
Berfungsi sebagai penggerak aktivitas. Bila motornya tidak ada, maka aktivitas tidak akan terjadi; dan bila motornya lemah, aktivitas yang terjadi pun lemah pula. Motivasi belajar berkaitan dengan tujuan yang hendak dicapai oleh individu yang sedang belajar itu sendiri.

Perhatian
Adalah pemusatan energi psikis (pikiran dan perasaan) terhadap suatu objek. Memunculkan perhatian seseorang pada suatu objek dapat diakibatkan oleh dua hal: 1) orang itu mempunyai kaitan dengan dirinya, misalkan dengan kebutuhan, cita-cita, pengalaman, bakat, dan minat. 2) objek itu sendiri dipandang memiliki sesuatu yang lain dari yang lain dari yang sudah biasa.

Aktivitas
Belajar adalah aktivitas, yaitu aktivitas mental dan emosional.

Balikan (umpan balik)
Perbedaan Individual
 

Komentar

Tag

Bahan Ajar (42) Biologi (33) Fisika (20) Guru (30) IPA (44) Kesehatan (11) Kimia (25) Kuliah (26) Media (3) Pembelajaran (56) Pendidikan (58) Penelitian (13) PLH (1)

Follower

Histats

Most Wanted