Langkah-langkah dalam pembelajaran inkuiri
terbimbing meliputi:
a)
Perumusan Masalah.
Langkah awal adalah menentukan
masalah yang
ingin
didalami
atau dipecahkan dengan metode inkuiri. Persoalan dapat disiapkan atau diajukan oleh guru. Persoalan
sendiri harus jelas
sehingga dapat
dipikirkan, didalami,
dan dipecahkan oleh siswa. Persoalan perlu diidentifikasi dengan jelas tujuan dari seluruh
proses pembelajaran atau penyelidikan. Bila persoalan ditentukan oleh guru perlu
diperhatikan bahwa persoalan itu real,
dapat dikerjakan
oleh siswa, dan sesuai dengan kemampuan siswa. Persoalan yang terlalu tinggi akan membuat siswa tidak
semangat, sedangkan persoalan yang terlalu mudah yang sudah mereka ketahui tidak menarik minat siswa. Sangat baik bila persoalan itu sesuai dengan tingkat hidup dan
keadaan siswa.
b) Menyusun hipotesis
Langkah berikutnya adalah siswa
diminta untuk mengajukan jawaban
sementara tentang masalah itu. Inilah yang disebut hipotesis. Hipotesis siswa perlu dikaji apakah jelas atau tidak. Bila belum jelas, sebaiknya guru mencoba membantu memperjelas maksudnya lebih
dahulu.
Guru diharapkan tidak memperbaiki hipotesis siswa yang salah, tetapi cukup
memperjelas maksudnya
saja.
Hipotesis yang
salah,
tetapi cukup memperjelas maksudnya saja. Hipotesis yang salah nantinya akan kelihatan setelah pengambilan data dan
analisis
data yang diperoleh.
c)
Mengumpulkan data
Langkah selanjutnya adalah
siswa mencari
dan
mengumpulkan data
sebanyak-banyaknya untuk membuktikan apakah hipotesis mereka benar atau tidak. Dalam bidang
biologi, untuk dapat mengumpulkan data, siswa
harus menyiapkan
suatu peralatan
untuk pengumpulan data. Maka guru perlu membantu bagaimana siswa mencari
peralatan, merangkai
peralatan, dan
mengoperasikan
peralatan sehingga berfungsi dengan baik. langkah ini adalah langkah
percobaan atau eksperimen. Biasanya dilakukan di laboratorium tetapi kadang juga
dapat
di luar sekolah. Setelah peralaran
berfungsi, siswa diminta
untuk mengumpulkan
data dan mencatatnya dalam buku catatan.
d) Menganalisis data
Data yang sudah dikumpulkan harus dianalisis untuk dapat membuktikan hipotesis
apakah benar
atau
tidak.
Untuk memudahkan menganalisis
data,
data
sebaiknya diorganisasikan,
dikelompokkan, diatur sehingga
dapat dibaca dan
dianalisis dengan mudah. Biasanya disusun dalam suatu
tabel.
e)
Menyimpulkan
Dari data
yang telah dikelompokkan
dan dianalisis, kemudian
diambil kesimpulan dengan generalisasi. Setelah diambil kesimpulan, kemudian dicocokkan dengan hipotesis
asal,
apakah
hipotesa kita diterima atau tidak.
Hasil penelitian inkuiri terbimbing dapat di unduh DISINI
Hasil penelitian inkuiri terbimbing dapat di unduh DISINI