A.
PENDEKATAN
PEMBELAJARAN
Menurut Joni (1992/1993) pendekatan
adalah cara umum dalam memandang permasalahan atau objek kajian. Dengan
demikian dapat dikemukakan bahwa pendekatan pembelajaran adalah cara memandang
terhadap pembelajaran. Killen (1998) menggunakan dua pendekatan utama dalam
pembelajaran yaitu pendekatan yang berpusat pada aktivitas guru (teacher centered aproach) dan pendekatan
yang berpusat kepada siswa (student
centered approach).
B.
STRATEGO
PEMBELAJARAN
Apabila guru telah mengambil
keputusan tentang pendekatan yang akan diterapkan dalam pembelajarannya, maka
langkah selanjutnya adalah menetukan strategi yang akan digunakan. Menurut Joni
(1992/1993) strategi adalah ilmu atau kiat di dalam memanfaatkan segala sumber
yang dimiliki dan/atau yang dapat dikerahkan untuk mencapai tujuan yang telah
ditetapkan. Acuan utama dalam penentuan strategi pembelajaran adalah
tercapainya tujuan pembelajaran.
C.
METODE
PEMBELAJARAN
Dalam bahasa Inggris, method berarti cara. Apabila dikaitkan
dengan pembelajaran, metode adalah cara yang digunakan guru dalam dalam
membelajarkan siswa. Menurut Joni (1992/1993) mengemukakan bahwa metode adalah
berbagai cara kerja yang bersifat relatif umum yang sesuai untuk mencapai
tujuan tertentu. Beberapa bentu metode mengajar yang kita kenal adalah ceramah,
diskusi, tanya jawab, simulasi, pemberian tugas, kerja kelompok, demonstrasi (modelling), eksperimen, pemecahan
masalah, inkuiri, dan sebagainya.
D.
TEKNIK
PEMBELAJARAN
Teknik pembelajaran mengacu pada
ragam khas penerapan suatu metode sesuai dengan latar penerapan tertentu,
seperti kemampuan dan kebiasaan uru, ketersediaan peralatan, kesiapan siswa,
dan sebagainya (Joni 1992/1993). Teknik pembelajaran merupakan wujud konkret
dari penggunaan metode, strategi, dan pendekatan pembelajaran.